UMKM Binaan PLN UID Sumut Unjuk Gigi di Trading Expo Indonesia

JAKARTA – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara (Sumut) kembali menunjukkan keunggulannya di kancah internasional dengan berpartisipasi dalam ajang bergengsi, Trading Expo Indonesia 2024.

Salah satu UMKM melalui Rumah BUMN Sibolga PLN UID Sumut yaitu Togato Cahaya Gemilang sebagai produsen kopi di Sumut ikut serta dalam perhelatan tersebut yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City. Acara yang berlangsung dari tanggal 9-12 Oktober 2024 ini menjadi platform penting bagi pelaku usaha kecil dan menengah untuk memamerkan produk-produk unggulan mereka kepada buyer potensial dari berbagai negara, termasuk India, Australia, Korea, dan lainnya.

Keikutsertaan Togato Cahaya Gemilang tidak hanya menjadi ajang promosi produk UMKM lokal ke pasar global, tetapi juga menciptakan peluang emas bagi mereka untuk memperluas jaringan bisnis dan memperkuat daya saing. Buyer internasional yang hadir membuka kesempatan bagi UMKM di Sumut untuk mengeksplorasi pasar baru dan meningkatkan ekspor produk ke negara-negara dengan potensi besar.

Program ini merupakan wujud nyata dari komitmen PLN dalam memberdayakan mitra usaha kecil dan menengah agar semakin siap bersaing di pasar global. Inisiatif ini menjadi bagian dari strategi PLN dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, dengan pendampingan intensif yang mencakup peningkatan kualitas produk, kapasitas produksi, hingga penguatan strategi pemasaran.

General Manager PLN UID Sumut, Saleh Siswanto, menegaskan pentingnya partisipasi UMKM dalam ajang internasional seperti Trading Expo ini sebagai langkah strategis untuk memperluas akses pasar global.

“Kami berkomitmen untuk terus mendampingi dan memberdayakan mitra UMKM, agar mereka dapat bersaing secara global. Partisipasi dalam acara internasional seperti ini membuktikan bahwa dengan kolaborasi yang kuat, kita bisa membawa produk-produk lokal ke panggung dunia,” ujar Saleh.

Expo ini juga menjadi sarana pembelajaran bagi UMKM untuk memahami lebih dalam tentang tren pasar dan kebutuhan konsumen global, hal ini sejalan dengan tata nilai AKHLAK sebagai landasan bekerja di PLN. Interaksi dengan buyer internasional memberikan wawasan baru yang sangat berharga, membuka peluang pengembangan produk sesuai dengan permintaan pasar global.

“Keikutsertaan UMKM binaan kami dalam ajang internasional ini sejalan dengan nilai AKHLAK yang kami terapkan. Dengan bersikap Amanah terhadap tanggung jawab sosial, serta Kompeten dan Adaptif dalam menghadapi dinamika pasar global, kami berkomitmen untuk terus mendampingi UMKM agar mereka bisa tumbuh dan bersaing di pasar dunia,” tambahnya.

Keberhasilan ini menunjukkan peran PLN UID Sumatera Utara sebagai penggerak utama dalam mengembangkan potensi ekonomi lokal melalui Rumah BUMN. Langkah ini tidak hanya membuka pintu bagi UMKM untuk menembus pasar internasional, tetapi juga memberi kontribusi signifikan dalam memperkuat perekonomian nasional dengan memanfaatkan inovasi dan kreativitas pelaku usaha lokal.

Dengan dukungan penuh dari PLN, diharapkan UMKM binaan ini terus berinovasi dan menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi yang siap mengharumkan nama Indonesia di kancah global.(km).

Komentar