Medan || Kota Medan tidak memiliki destinasi wisata alam seperti gunung dan laut, oleh karena itu Pemko Medan dibawah kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution menjadikan kawasan heritage sebagai destinasi wisata. Banyaknya objek heritage khususnya di inti kota yang memiliki nilai sejarah dan digabungkan dengan kelezatan kuliner khas kota Medan menjadikan potensi yang terus dikembangkan Bobby Nasution guna membangkitkan pariwisata kota Medan.
Pembenahan Kawasan Kota Lama Kesawan yang saat ini tengah berproses merupakan salah satu upaya yang dilakukan Bobby Nasution untuk mewujudkan Wisata Heritage. Selain itu Konsep Heritage yang digabungkan dengan kelezatan kuliner semakin dapat mewujudkan Kota Medan menjadi “The Kitchen of Asia”.
Komitmen Bobby Nasution menjadikan Medan sebagai destinasi wisata Heritage mendapat dukungan dari semua stakeholder terutama pengelola gedung dan bangunan-bangunan bersejarah di Kota Medan. Artinya program Wisata Heritage yang digagas Bobby Nasution ini akan berdampak baik pada kunjungan wisatawan ke Kota Medan khususnya ke gedung dan bangunan Heritage.
Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suriyono, mengungkapkan bahwa dalam mewujudkan wisata Heritage, Sumber Daya Manusia (SDM) di kota Medan khususnya dari pihak stakeholder sudah sangat siap. Karenanya mereka menilai program yang merupakan gagasan Pak Wali Kota Medan dapat meningkatkan potensi dari Heritage itu sendiri.
“Pengelola heritage yang umumnya merupakan lembaga, swasta maupun yayasan sangat siap dengan program wisata Heritage yang digagas Pak Wali Kota, karena berdampak baik terhadap potensi Heritage dan sejarah maupun perawatan gedungnya,” jelas Kadis Pariwisata, Selasa (4/10).
Menurut Agus Suriyono, kesiapan SDM untuk wisata Heritage ini tidak hanya dari stakeholder atau pengelola gedung dan bangunan Heritage. Namun dari unsur masyarakat khususnya generasi Millenial kota Medan. Dimana mereka memiliki metode sendiri untuk mewujudkan wisata Heritage di Kota Medan. Apalagi di era digital ini mereka lebih memanfaatkan sosial media untuk membuat konten dengan konsep Gedung Heritage di Kota Medan.
“Saat ini mereka sudah sering menjadikan bangunan Heritage sebagai lokasi foto atau membuat konten. Sebab bangunan Heritage dianggap Instagramable, sehingga mereka gemar melakukan aktifitas di tempat tersebut. Tentunya ini merupakan salah satu kesiapan SDM kita dalam mewujudkan Wisata Heritage sebagaimana keinginan Pak Wali Kota Medan,” Sebutnya.
Disisi jajaran Pemko Medan, menurut Agus Suriyono kesiapan SDM juga sudah sangat siap. Seperti Dinas Pariwisata, terus melakukan promosi dan berkolaborasi dengan semua pihak khususnya pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata khusus wisata Heritage di Kota Medan.
“Selain membuat kegiatan yang mengangkat tema wisata Heritage kita juga melakukan Promosi dengan memanfaatkan teknologi digital melalui sosial Media. Artinya semua pihak termasuk jajaran Pemko Medan, Stakeholder dan masyarakat kota Medan sudah sangat siap mewujudkan program Pak Wali Kota Medan yakni Wisata Heritage,” Ungkap Kadis Pariwisata Medan.-(Sr)
Komentar